Minggu, 10 Oktober 2010

UNSUR ISI DAN BENTUK

Sebuah cerita rekaan terbentuk dari dua unsur pokok, yaitu unsur isi dan unsur bentuk. Isi yaitu sesuatu yang ingin dikemukakan, diceritakan, atau disampaikan pengarang melalui karyanya. Sementara itu, bentuk adalah cara yang digunakan pengarang untuk menyampaikan isi.
Unsur bentuk dan unsur isi dalam sebuah cerita rekaan idealnya harus mendapat perhatian yang seimbang. Akan tetapi mengingat bahwa cerita rekaan lebih merupakan alat penyampai perasaan dari pikiran, dalam usaha menikmati cerita rekaan, dan karya seni pada umumnya, perhatian kita hendaknya dicurahkan kepada cara yang digunakan pengarang untuk menyampaikan isi, bukan pada apa yang ingin dikemukakan pengarang.
Dalam kaitannya dengan komunikasi yang terjadi antara karya sastra dengan pembacanya, diharapkan yang terjadi adalah komunikasi yang disebabkan oleh unsur bentuk cerita rekaan itu, bukan disebabkan oleh unsur isinya saja. Atau dengan kata lain, dalam menikmati cerita rekaan, yang diharapkan muncul adalah komunikasi imajinatif, bukan komunikasi senasib belaka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar